Sabtu, 10 Mei 2014

analogy,epistemology, aksiology


The phrase "mind's eye" refers to the human ability for visual perception, imagination, visualization, and memory, or, in other words, one's ability to "see" things with the mind.
Cognitive processing center o Batin ialah apa yang dilihat olih melalui minda/perasaan, bukanya apa yang dilihat olih mata. Keseluruhan dilihat olih mata telah membohongi otak setiap saat.Duniawiyah yang diketahui, bukanlah berkeaadaan seperti apa yang terlihat lih mata, didengar olih telinga. Yang diperkatakan olih lidah.

Dalam pembahasan filsafat ilmu ada tiga segi yang dibahas yaitu ; Ontologi (Apa yang menjadi obyek suatu imu), Epistemologi (cara mendapatkan ilmu), dan Aksiologi (Untuk apa ilmu tersebut?).


analogy

Analogi dalam bahasa ialah 
"kias" (arab: qasa: mengukur, membandingkan). Bercakap tentang analogi adalah bercakap tentang dua perkara yang berlainan, yang satu dengan yang lain.Dalam mengadakan perbandingan orang mencari kesamaan dan perbezaan di antara hal-hal yang diperbandingkan. Kalau lembu berbanding dengan kerbau, maka kedua-duanya adalah binatang, akan tetapi yang satu berbeza dengan yang lain mengenai besarnya, warnanya, dan sebagainya. Kalau dalam perbandingan itu orang hanya memperhatikan persamaannya saja, tanpa melihat perbezaannya maka timbullah analogi, persamaan dua perkara yang berbeza. 


Analogi disamping fungsi utamanya sebagai cara berhujah, sering benar dipakai dalam bentuk non argument iaitu penjelas atau dapat dimanfaatkan sebagai penjelasan atau sebagai asas penaakulan.Sebagai penjelasan bisaanay disebut perumpamaan atau persamaan.  


Mundiri mengatakan analogi kadang-kadang disebut juga analogi induktif iaitu proses penaakulan dari suatu fenomena menuju fenomena lain yang sejenis kemudian disimpulkan bahawa apa yang terjadi pada fenomena yang pertama akan terjadi pada fenomena yang lain  
Menurut poespopprodjo analogi adalah suatu perbandingan yang dipakai untuk cuba membuat suatu idea dapat di percaya atau guna membuat suatu konsep yang sukar menjadi jelas  
Begitu pula menurut Poedjawijatna analogi menunjuk sesuatu yang sama tetapi dalam kesamaan itu ada perbezaan pula  


Dari defenisi-definisi di atas sudah jelas bahawa yang di maksud dengan analogi adalah suatu proses penaakulan dengan menggunakan perbandingan dua hal yang berbeza dengan cara melihat persamaan dari dua hal yang di perbandingkan tersebut sehingga dapat digunakan untuk memperjelas suatu konsep. 


Analogi kadang-kadang disebut juga analogi induktif iaitu proses penaakulan dari satu fenomena menuju fenomena lain yang sejenis kemudian disimpulkan bahawa apa yang terjadi pada fenomena yang pertama akan terjadi pada fenomena yang lain; Demikian pengertian analogi jika kita hendak merumuskan dalam suatu batasan. Dengan demikian dalam setiap tindakan penyimpulan analogik terdapat tiga unsur iaitu: peristiwa pokok yang menjadi asas analogi, persamaan principal yang menjadi pengikat dan ketiga fenomena yang hendak kita analogikan.  

A. Analogi Palsu Menggunakan analogi dengan baik dan benar akan sangat berguna. Ilmu berkembang berkat pemakaian analogi secara baik dan benar. Namun demikian, banyak pula orang memakai analogi palsu dalam penaakulan atau hujahnya. Analogi palsu adalah suatu bentuk perbandingan yang cuba membuat suatu idea atau gagasan kelihatan benar dengan cara membandingkannya dengan idea atau gagasan lain yang sesungguhnya tidak mempunyai hubungan dengan idea atau gagasan yang pertama tadi. Misalnya apabila seorang menyamakan kepala Negara dengan kepala manusia dipotong maka akan matilah manusia tersebut begitu pula apabila kepala Negara di bunuh, maka Negara itu akan hancur. Jelas contoh tersebut suatu analogi palsu. Perhatikan beberapa analogi palsu berikut ini:

 1. Membuat isteri bahagia adalah seperti membuat anjing kesayangan bahagia. Belai kepalanya sekerap mungkin, dan beri makanan yang baik sebanyak mungkin
 2. Hidup ini laksana orang mampir ke warung; begitu keperluannya tercukupi, ia pergi meninggalkannya. 
3. Masuk universiti adalah seperti menerima pekerjaan. Tugasmu adalah membuat senang si pemberi pekerjaan 
4. ABRI laksana tiang bendera.Apapun juga bendera yang dikibarkan, ABRI harus tunduk, tidak melawan 
5. Sudin berumur 13 tahun, petang hari boleh ikut pergi nonton pawagam; sedangkan Ika, umur 8 tahu, harus tinggal di rumah.
"Jika kak Sudin boleh ikut, kenapa saya tidak boleh?" Rengek si Ika. 

 B. Macam-macam analogi Disini analogi dibagi menjadi dua macam yaitu analogi induktif dan analogi perisytiharan. 
1. Analogi InduktifAnalogi Induktif adalah analogi yang disusun berdasarkan persamaan principal (asas) yang ada pada kedua-dua fenomena, kemudian dicari kesimpulan bahawa apa yang ada pada fenomena pertama berlaku juga pada fenomena kedua. Bentuk argument ini sebagaimana generalisasi tidak pernah menghasilkan kebenaran yang mutlak. 

 Contohnya: Tina adalah seorang tamatan fakulti ekonomi oxford university, ia telah memberikan prestasi yang luar bisaa pada syarikat tempat ia bekerja dengan cara mengajukan cadangan mengenai pemecahan kesulitan yang di hadapi syarikatnya. Pada waktu penerimaan pegawai baru, directur syarikat langsung menerima rina kerana rina tamatan yang sama dengan tina, maka pasti ia akan mempunyai kecerdasan dan kualiti yang lebih atau sekurang-kurangnya sama dengan tina. 

Pada dasarnya analogi induktif adalah suatu cara membuat kesimpulan yang menolong kita memanfaatkan pengalaman , kita berangkat dari suatu barang yang khusus, yang kita ketahui, menuju barangan yang sama dalam hal pokok. Tetapi juga terdapat kekeliruan besar, yakni dalam memperbandingkan boleh jadi tidak memperhatikan adanya beberapa perbezaan yang penting, sehingga dalam amalan hasilnya berbeza dengan hasil yang dicapai melalui proses pemikiran tersebut. Guna menguji sah tidaknya persamaan dan kesimpulan semacam itu, pertama-tama harus kita singkirkan hal -hal sekadar bersifat menjelaskan dan memilih hal-hal yang memang merupakan dasar pemikiran. Bilamana yang terdapat hanya persamaan yang dangkal atau sekadar persamaan kebetulan yang terdapat di antara keduanya, dan apabila perbandingan mereka sekadar untuk maksud menjelaskan maka kita tidak boleh membuat suatu kesimpulan  

2. Analogi perisytiharanAnalogi perisytiharan disebut juga analogi penjelas yang merupakan kaedah untuk menjelaskan atau menegaskan sesuatu yang belum dikenal atau masih samar, dengan sesuatu yang sudah dikenal.Contoh: ilmu pengetahuan itu dibina oleh fakta-fakta sebagaimana rumah itu dibina oleh batu-batu tetapi tidak semua kumpulan pengetahuan itu ilmu, sebagaimana tidak semua tumpukan batu itu adalah rumah. 

C. Cara menilai analogi Sebagaimana generalisasi keterpercayaannya bergantung kepada dipenuhi tidaknya alat-alat ukur yang kita ketahui, maka demikian pula analogi untuk mengukur darjah keterpercayaannya sebuah analogi dapat diketahui dengan alat sebagai berikut  

 1.Sedikit banyaknya peristiwa sejenis yang dianalogikan, semakin besar pula taraf keterpercayaannya.Apabila saya menghantar baju kepada tukang penatu dan ternyata hasilnya tidak memuaskan maka atas dasar analogi saya boleh mencadangkan kepada teman saya untuk tidak menghantar pakaian ketukang penatu tadi. Analogi ini menjadi lebih kuat lagi setelah ternyata C, D, E, F dan G juga mengalami hal yang sama 

2. Sedikit banyak aspek-aspek yang menjadi asas analogi. Contohnya: tentang kasut yang telah kita beli pada sebuah kedai. Bahawa kasut yang baru kita beli tentu awet dan akan terasa enak di pakai kerana kasut yang dulu dibeli di kedai ini juga awet dan enak dipakai.Analogi ini menjadi lebih kuat lagi sebagai contoh di perhitungkan juga persamaan harga, jenama, dan pakaian itu. 

3. Sifat dari analogi yang kita buat. Apabila kita mempunyai kereta dan satu liter bahan bakarnya boleh menempuh 10 km, kemudian kita menyimpulkan bahawa kereta B yang sama dengan kereta kita akan dapat menempuh jarak 10 km setiap satu liternya, maka analogi demikian cukup kuat. Analogi ini akan lebih kuat lagi jika kita mengatakan bahawa kereta B akan menempuh 8 km setiap satu liter bahan bakarnya dan menjadi lemah jika kita mengatakan bahawa kereta B akan dapat menempuh 15 km setiap liter bahan bakarnya. Jadi semakin rendah taksiran yang kita analogikan semakin kuat analogi itu. 

4. Mahal ada tidaknya unsur-unsur yang berbeza pada peristiwa yang dianalogikan. Semakin banyak pertimbangan atas unsur-unsur yang berbeza semakin kuat keterpercayaan analoginya. Konklusi yang kita ambil bahawa ari adalah pendatang baru di universiti X akan menjadi sarjana ulung kerana beberapa tamatan dari universiti tersebut juga merupakan sarjana ulung. Analogi ini menjadi lebih kuat jika kita mempertimbangkan juga perbezaan yang ada pada para lulusan sebelumnya. 

5. Relevan dan tidaknya masalah yang dianalogikan. Bila tidak relevan sudah barang tentu analoginya tidak kuat dan bahkan boleh gagal. Bila kita membuat kesimpulan bahawa kereta yang baru kita beli setiap liter bahan bakarnya akan enempuh jarak 15 km berdasarkan analogi kereta B yang sama modelnya serta jumlah candela dan tahun pengeluarannya sama dengan kereta yang kita beli ternyata boleh menempuh jarak 15 km setiap liter bahan bakarnya maka analogi sama adalah analogi yang tidak relevan. 

D. Analogi yang menyimpang Walaupun analogi merupakan corak pemikiran yang popular tetapi tidak semua penalaran analogi merupakan analogi induktif yang benar.Ada masalah yang tidak memenuhi syarat atau tidak boleh diterima walaupun sepintas sukar bagi kita menunjukkan kekeliruannya. Kekeliruan ini berlaku kerana membuat persamaan yang tidak tepat. 

1.Kekeliruan pertama adalah kekeliruan pada analogi induktif.  Contoh: saya hairan mengapa orang takut berpergian dengan pesawat terbang kerana sering terjadi kecelakaan pesawat terbang dan tidak sedikit meminta korban. Bila demikian sebaiknya orang jangan tidur ditempat tidur kerana hamper semua manusia menemui ajalnya di tempat tidur Disini naik pesawat ditakuti kerana sering menimbulkan petaka yang menyenbabkan maut. Sedang orang tidur kerana jarang sekali atau boleh dikatakan tidak pernah ada orang menemui ajalnya kerana kecelakaann tempat tidur melainkan kerana penyakit yang di idapnya. Jadi orang menyamakan dua hal yang berbeza. 

2. Kekeliruan kedua adalah pada analogi perisytiharan Contoh: Negara kita sudah banyak berhutang. Dengan pembangunan lima tahun kita harus terkumpul hutang terus-menerus dari tahun ketahun.Pembangunan lima tahun ini memaksa rakyat dan bangsa Indonesia seperti naik perahu yang sarat yang semakin tahun semakin sarat (dengan hutang) dan akhirnya tenggelam. Saudara-saudara tidak mahu tenggelam dan mati bukan? Kerana itulah kita lebih baik tiodak naik kapal sarat itu. Kita tidak perlu melaksanakan pemabngunan itu ..

 Disini seorang tidak setuju dengan pembangunan lima tahun yang sedang dilaksanakan dengan analogi yang pincang. Memang Negara kita perlu melakukan pinjaman untuk membina. Pinjaman itu digunakan seproduktif mungkin sehingga dapat meningkatkan pertukaran asing Negara. Dengan demikian pendapatan perkepala akan meningkat di banding sebelumnya. Demikian seterusnya dari tahun ke tahun sehingga peningkatan kesejahteraan rakyat akan tercapai. Penceramah disini hanya menekankan segi hutangnya sahaja, tidak mengambil kira segi-segi positif dari kebijaksanaan menempuh pinjaman. Analogi menyimpang model kedua ini amat banyak digunakan dalam perdebatan maupun dalam propaganda untuk menjatuhkan pendapat lawan maupun mempertahankan kepentingan sendiri. Kerana sifatnya seperti benar analogi ini sangat berkesan pengaruhnya terhadap pendengar. 

E. Analisis kritis Definisi analogi adalah suatu proses penaakulan dengan menggunakan perbandingan dua hal yang berbeza dengan cara melihat persamaan dari dua hal yang di perbandingkan tersebut sehingga dapat digunakan untuk memperjelas suatu konsep Namun demikian, banyak pula orang memakai analogi yang ngawur dalam penaakulan atau hujahnya. 

Analogi ngawur adalah suatu bentuk perbandingan yang cuba membuat suatu idea atau gagasan kelihatan benar dengan cara membandingkannya dengan idea atau gagasan lain yang sesungguhnya tidak mempunyai hubungan dengan idea atau gagasan yang pertama tadi.Misalnya apabila seorang menyamakan kepala Negara dengan kepala manusia dipotong maka akan matilah manusia tersebut begitu pula apabila kepala Negara di bunuh, maka Negara itu akan hancur.Jelas contoh tersebut suatu analogi ngawur kerana Dengan adanya sedikit pembahasan makalah ini maka diharapkan agar orang-orang yang memakai analogi ngawur itu boleh mengetahui arti analogi sebenarnya dan boleh menggunakan analogi dengan baik dan benar kerana kita manusia yang berakal dan harus memanfaatkannya agar kita menjadi orang yang cakap pikir. Penggunaan analogi dengan baik dan benar akan sangat berguna. Ilmu berkembang berkat pemakaian analogi secara baik dan benar.


PENUTUP
Kesimpulan 
a. Analogi dalam bahasa ialah "kias" (arab: qasa: mengukur, membandingkan). Bercakap tentang analogi adalah bercakap tentang dua perkara yang berlainan, Mundiri mengatakan analogi kadang-kadang disebut juga analogi induktif iaitu proses penaakulan dari suatu fenomena menuju fenomena lain yang sejenis.  


b. Analogi ada beberapa macam diantaranya: 
1. analogi induktif 
analogi induktif adalah analogi yang sdisusun berdasarkan persamaan principal yang ada pada kedua-dua fenomena, kemudian dicari kesimpulan bahawa apa yang ada pada fenomena pertama berlaku juga pada fenomena kedua. Bentuk argument ini sebagaimana generalisasi tidak pernah menghasilkan kebenaran yang mutlak 


2. analogi perisytiharan 
analogi perisytiharan disebut juga analogi penjelas yang merupakan m, etode untuk menjelaskan atau menegaskan sesuatu yang belum dikenal atau masih samar, dengan sesuatu yang sudah dikenali 


c. Cara menilai analogi 
1. sedikit banyak peristiwa sejenis yang dianalogikan 
2. sedikit banyak aspek-aspek yang menjadi asas analogi 
3. sifat analogi yang kita buat 
4. mahal ada tidaknya unsur-unsur yang berbeza pada peristiwa yang dianalogikan 
5. relevan dan tidaknya masalah yang di analogikan 
d. Analogi yang menyimpang 


 Walaupun analogi merupakan corak pemikiran yang popular tetapi tidak semua penalaran analogi benar. Ada masalah yang tidak memenuhi syarat atau tidak boleh diterima walaupun sepintas sukar bagi kita menunjukkan kekeliruannya. 
1. Kekeliruan pertama adalah kekeliruan pada analogi induktif 
2. Kekeliruan kedua adalah pada analogi perisytiharan


Permasalahan
Aksiologi merupakan bagian dari  filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Aksiologi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani  yaitu  axios yang artinya nilai dan logos artinya teori atau ilmu. Jadi aksiologi adalah teori tentang nilai dalam berbagai bentuk.
Dalam kamus Bahasa Indonesia aksiologi adalah kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia tentang nilai-nilai khususnya etika.
Pembahasan aksiologi menyangkut masalah nilai kegunaan ilmu. Ilmu tidak bebas nilai. Artinya pada tahap-tahap tertentu kadang ilmu harus disesuaikan dengan nilai-nilai budaya dan moral suatu masyarakat; sehingga nilai kegunaan ilmu tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan bersama, bukan sebaliknya menimbulkan bencana.
Dalam perkembangan sejarar etika ada empat teori etika sebagai sistem filsafat moral yaitu, hedonisme, eudemonisme, utiliterisme dan deontologi. Hedoisme adalah padangan moral yang menyamakan baik menurut pandangan moral dengan kesenangan. Eudemonisme menegaskan setiap kegiatan manusia mengejar tujuan, tujuan manusia adalah mendapatkan kebahagiaan.

 
DAFTAR ISI 
BAB I. KATA PENGANTAR
BAB II. PENDAHULUAN 
BAB III. PEMBAHASAN
                                                           I.PENGERTIAN AKSIOLOGI
                         II.KEGUNAAN AKSIOLOGI TERHADAP TUJUAN ILMU PENGETAHUAN
                                                   III. TEORI – TEORI TENTANG NILAI
  • Objektivisme atau Realisme Aksiologi
  • Subjektivisme Aksiologi
  • Nominalisme Aksiologis atau Skeptisime (Emotivisme) Aksiologi.

IV. TEORI ETIKA
  • Perbedaan Normatif dengan Metaetik
  • Perbedaan Teleologis dengan Deontologis
  • Teori Etika Teleologis
  • Teori Etika Deontologis
V. JUSTIFIKASI MORALITAS
  • Etika Egoisme
  • Egoisme Psikologis

 VII. TEORI – TEORI ANALITIK ATAU MATAETIK
  • Teori – teori Kognitivis dan Nonkongnitif..
  • Fallasi dengan Naturalistik.

VIII. ETIKA RELATIVISME
  • Relativisme Sosiologis.
  • Relativisme Etik.
  • Relativisme Metaetik.

BAB IV. PENUTUP
BAB V. DAFTAR PUSTAKA
 BAB II . PEMBAHASAN
I.PENGERTIAN AKSIOLOGI
Aksiologi merupakan bagian dari  filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Aksiologi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani  yaitu  axios yang artinya nilai dan logos artinya teori atau ilmu. Jadi aksiologi adalah teori tentang nilai dalam berbagai bentuk.
Dalam kamus Bahasa Indonesia aksiologi adalah kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia tentang nilai-nilai khususnya etika.
Menurut Bramel Aksiologi terbagi tiga bagian :
  1. Moral Conduct  yaitu tindakan moral, Bidang ini melahirkan disiplin khusus yaitu etika.
  2. Estetic expression yaitu ekspresi keindahan, bidang ini melahirkan keindahan
  3. Socio-politcal life  yaitu kehidupan social politik, yangakan melahirkan filsafat social politik.
Menurut pandangan Kattsoff  aksiologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang  hakekat nilai yang umumnya ditinjau dari sudut pandang kefilsafatan.. Dan Barneld juga
aksiologi adalah  cabang filsafat yang menyelidiki tentang nilai-nilai, menjelaskan berdasarkan kriteria atau prinsip tertentu yang dianggap baik di dalam tingkah laku manusia

II.KEGUNAAN AKSIOLOGI TERHADAP TUJUAN ILMU PENGETAHUAN
Menurut  Francis Bacon seperti yang dikutip oleh Jujun.S.Suriasumatri yaitu bahwa pengetahuan adalah kekuasaan. Ilmu itu sendiri merupakan alat bagi manusia untuk mencapai kebahagiaan hidupnya dan ilmu memiliki sifat netral, ilmu tidak mengenal baik ataupun buruk melainkan tergantung pada pemilik dalam menggunakannya. .
Nilai kegunaan ilmu, untuk mengetahui kegunaan filsafat ilmu atau untuk apa filsafat ilmu itu digunakan  dapat memulainya dengan melihat filsafat sebagai tiga hal, yaitu:
  1. Filsafat sebagai kumpulan teori digunakan memahami dan mereaksi dunia pemikiran.
Jika seseorang hendak ikut membentuk dunia atau ikut mendukung suatu ide yang membentuk suatu dunia, atau hendak menentang suatu sistem kebudayaan atau sistem ekonomi, atau sistem politik, maka sebaiknya mempelajari teori-teori filsafatnya. Filsafat sebagai pandangan hidup.
Filsafat dalam posisi yang kedua ini semua teori ajarannya diterima kebenaranya dan dilaksanakan dalam kehidupan. Filsafat ilmu sebagai pandangan hidup gunanya ialah untuk petunjuk dalam menjalani kehidupan.
  1. Filsafat sebagai metodologi dalam memecahkan masalah.
Dalam hidup ini kita menghadapi banyak masalah. Bila ada batui didepan pintu, setiap keluar dari pintu itu kaki kita tersandung, maka batu itu masalah. Kehidupan akan dijalani lebih enak bila masalah masalah itu dapat diselesaikan

III. TEORI – TEORI TENTANG NILAI
Permula adanya teori umum dari terjadinya perdebatan antara Alexius Meinong dengan Christian von Ehrenfels pada tahun 1890-an berkaitan dengan sumber nilai. Alexius Meinong berpendapat sumber nilai adalah perasaan  (feeling)  atau perkiraan adanya kesenangan terhadap suatu objek. Christian von Ehrenfels berpendapat sumber nilai adalah hasrat atau keinginan (desire). Menurut pendapat keduanya nilai adalah  milik objek itu sendiri .
  • Objektivisme atau Realisme Aksiologi
Penetapan nilai merupakan suatu yang dianggap objektif. Alexander mengatakan nilai, norma, ideal, dan sebagainya merupakan unsure atau berada dalam objek atau berada pada realitas objek . Penetapan suatu nilai memiliki arti benar atau salah, meskipun penilaian itu tidak dapat diverifikasi, yaitu yang tidak dapat dijelaskan melalui suatu istilah tertentu.
Pendukung dari objektivisme aksiologi mencangkup Plato, Aristoteles , St. Thomas Aquinas, Maritain, Rotce, Alexander , dan lain- lainnya.
Beberapa bentuk Ekspresi Objektivisme Aksiologi:
  1. Bosanquet ( idealisme )
    Nilai adalah kualitas tertentu dari suatu objek, kejujujuran apa adanya,    tetapi manifestasinya diilhamkan kedalam sikap pikiran manusia.
  1. Scheler (fenomenologi)
Nilai adalah esensi yaitu entitas yang ada dengan sendirinya yang diintuisikan secara emosional.
  1. C.I. Lewis (Pragmatisme konseptual)
Penetapan nilai tunduk pada standar yang  sama pada pengetahuan dan validitas seperti halnya penilaian empiris kognitif lainnya.
  1. G. E. moore ( Intuisime)
Nilai adalah suatu  yang  tidak dapat diterangkan , yakni tidak dapat dianalisis, tidak dapat direduksi dari terma itu sendiri,meskipun nilai adalah suatu tindakan.
  • Subjektivisme Aksiologi
Penentuan nilai mereduksi penentuan nilai ke dalam statemen yang berkaitan dengan sikap mental terhadap suatu objek atau situasi dan penentuan sejalan dengan pernyataan benar atau salah. Subjektivisme aksiologi cenderung mengabsahkan teori etika yang disebut hedonism, sebuah teori yang mengatakan kebahagian sebagai criteria nilai dan naturalism yang meyakini bahwa suatu nilai dapat direduksi ke dalam psikologis.
Pendukung subjektivisme aksiologi adalah Hume , Perry, Prall, Parker, Santayana, dan lainnya.
Beberapa bentuk Ekspresi Subjektivisme Aksiologi :
  1. Hume ( skeptisime )
A memiliki nilai berarti orang menyukai A
  1. Sarte (eksistensialisme)
Nilai adalah kualitas empiris yang tidak dapat dijelaskan menyatu dengan kebahagian perasaan daripada berpikir bagaimana kita ingin merasakannya.
  1. D. H. Parker (humanisme)
Nilai merupakan pengalaman , tidak berwujud objek.
  1. Perry (naturalisme)
Semua objek dari kepentingan sebagai suatu hubungan yang saling terkait antara kepentingan dengan objek.

  • Nominalisme Aksiologis atau Skeptisime (Emotivisme) Aksiologi.
Pandangan ini mengatakan bahwa penentuan nilai adalah ekspresi emosi atau usaha untuk membujuk yang semua itu tidak faktual.
Emotivisme : Nilai adalah suatu nilai yang tidak dapat dijelaskan dan bersifat emotif walaupun memiliki makna secara faktual.
Asal mula emotivisme yaitu dengan adanya G. E. Moore mengajarkan tentang kebahagian yang tidak dapat dijelaskan tetapi kebaikan secara factual dletakkan pada suatu tindakan atau objek, dengan I.A.Richard membedakan antara makna factual dan makna emotif.
Pendukung emotivisme  aksiologi adalah Nietzsche,Ayer, Stevenson, Carnap, dan lainnya.
Beberapa bentuk Ekspresi Subjektivisme Aksiologi :
  1. Nietzsche ( relativisme aksiologi)
Nilai adalah sebuah ekspresi perasaan dan kebiasaan daripada sebuah pernyataan terhadap suatu fakta.
  1. Ayer ( logika positivism)
Nilai adalah fungis ekspresif , member cela bagi perasaan , dan statemen yang bersifat emotif atau nonkognitif.
  1. Stevenson (logika empirisme)
Nilai adalah fungsi persuasive dan tidak memiliki objek kesalahan seperti benar dan salah, maka persuasi diperlukan dapat diterima.

IV. TEORI ETIKA
  • Perbedaan Normatif dengan Metaetik
Dalam teori etika yang normative dan metaetik harus dibedakan dan dapat dilakukan :
  1. Etika normative yaitu mengidentifikasikan satu atau lebih dari prinsip moral secara luas yang setiap orang menggunakannya sebagai petunjuk, kode moralitas yang bersifat ideal atau benar.
  2. Etika Metaetik yaitu menganalisis satu atau lebih cara untuk penentuan moral yang diterapkan secara actual.
Etika normatif dibedakan menjadi teleological atau deontologikal atau varian dari kombinasi keduannya (masalah yang berkaitan dengan nilai). Sedangkan metaetika dibagi menjadi kognitifis atau nonkognitifis.
  • Perbedaan Teleologis dengan Deontologis
Fakta – fakta yang harus dipertimbangkan dalam pembedaan teori etika yang bersifat teleologis dengan deontologis yaitu:
  1. Memperhatikan tingkat penegasan daripada dasar pengeluaran timbal balik.
  2. Unsur – unsur dari teleologis dan deontologis ddapat ditemukan dalam teori etika tertentu.
  3. Terdapat perbedaan interprestasi yang dilakukan filosof terhadap setiap teori etika yang lain.
  4. Interprestasi sangat luas sebagian besar etika formalisme dan etika intuisime ke dalam deontologis dan semua etika naturalistic yaitu hedonism, utilitarisme kedalam kelompok teleologis.

Menurut Bentham teleologis adalah kebaikan konsekuensi dan nilai moral adalah hasilnya.
Deontologis adalah member jawaban yang berbeda berdasarkan cabang keduanya yaitu formal atau intuisionistik.
  • Teori Etika Teleologis
Teori etika berkaitan dengan hasil akhir atau kebaikan ketimbang sebagai kewajiban moral. Teori teleologis lebih cenderung mengembangkan satu kebaikan intrinsic a priorir sebagai sebuah moral standar seperti kebahagian.
Pada saat teori teleologis bersifat naturalistik maka :
  1. Penentuan etis dapat direduksi atau dianalisis ke dalam nonetis atau istilah deskriptif.
  2. Penentuan etis dalam arti hasil akhir yang bersifat duniawi sebagai kebalikan dari spiritual atau kebaikan yang lain.
Beberapa contoh teori etika teleologis :
 i.  Plato dan Aristoteles (eudnemonisme Yunani)
Baik adalah kesenangan sebagai sesuatu yang baik atau pemenuhan tujuan seseorang.
ii.  Epicurus ( hendonisme egoistic)
Baik adalah kesenangan atau tidak ada yang sakit (kesenangan dalam pikiran).
iii.  Bentham dan Mill (Ultilarianisme hedonistik atau hedonisme universalistic).
Baik adalah kebahagian tertinggi dalam jumlah besar.
iv.  Perry (naturalisme)
Baik adalah objek dari semua kepentingan sebagai sebuah sikap rasional.
v.   Paley ( utilitarianisme )
Baik adalah apa yang dikehendaki oleh Tuhan untuk kebahagian manusia.

  • Teori Etika Deontologis
Etika deontologis menekankan sifat pembuktian dari yang benar menjadi sesuatu yang lahir sari penalaran, intuisi, dan rasa moral. Tindakan deontologis merupakan salah satu bentuk dari etika kontekstual.

V. JUSTIFIKASI MORALITAS
  • Etika Egoisme
Setiap orang harus melakukan kepentingan pribadinya dan mengabaikan kepentingan orang lain kecuali jika ada kaitannya dengan kepentingan pribadi.
Kepentingan sesorang seharusnya memaksimalkan kesenangan sendiri dan secara umum. Dan penganut etika egoisme lainnya adalah protogoras dan filosoft yunani.
  • Egoisme Psikologis
Egoisme psikologi adalah sebuah teori etika tidak memiliki makna , karena tidak seorang pun dapat melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinannya.

VI. TEORI – TEORI ANALITIK ATAU MATAETIK

Mataetik adalah sebuah kajian tentang moral atau penilaian moral sebagai kebaikan dari etika normative deskriptif dan analisis daripasa preskriptif dan substantive.
  • Teori – teori Kognitivis dan Nonkongnitif..
Teori kognitivis yaitu menyatakan term atau pernyataan etis itu bersifat informatif.
Teori nonkronganitif yaitu menolak term atau pernyataan etis itu bersifat informatif.
  • Fallasi Naturalistik.
Fallasi naturalistic adalah nama dari sebuah usaha dalam teori metaetika yang mendefinisikan etis (nonnatural) ke dalam istilah nonetis (natural) mendefinisikan baik sebagai kesenangan.
VII. ETIKA RELATIVISME
Dalam teori etika relativisme menolak keberadaan standar moral secara luas.
  • Relativisme Sosiologis.
Relativisme  sosialogis menyatakan bahwa fakta merupakan keyakinan moral yaitu berbeda antara budaya satu dengan lainnya.

  • Relativisme Etik.
Menyatakan keyakinan moral adalah  benar.
  • Relativisme Metaetik.
Mengatakan bahwa jika ada ketidaksepakatan moral, mungkin itu benar.

PENUTUP
KESIMPULAN

Aksiologi merupakan bagian dari  filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Aksiologi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani  yaitu  axios yang artinya nilai dan logos artinya teori atau ilmu. Jadi aksiologi adalah teori tentang nilai dalam berbagai bentuk
Kegunaan aksiologi terhadap ilmu pengetahuan:
1.Filsafat sebagai kumpulan teori digunakan memahami dan mereaksi dunia pemikiran.
Jika seseorang hendak ikut membentuk dunia atau ikut mendukung suatu ide yang membentuk suatu dunia, atau hendak menentang suatu sistem kebudayaan atau sistem ekonomi, atau sistem politik, maka sebaiknya mempelajari teori-teori filsafatnya. Filsafat sebagai pandangan hidup.
Filsafat dalam posisi yang kedua ini semua teori ajarannya diterima kebenaranya dan dilaksanakan dalam kehidupan. Filsafat ilmu sebagai pandangan hidup gunanya ialah untuk petunjuk dalam menjalani kehidupan.
2.Filsafat sebagai metodologi dalam memecahkan masalah.
Dalam hidup ini kita menghadapi banyak masalah. Bila ada batui didepan pintu, setiap keluar dari pintu itu kaki kita tersandung, maka batu itu masalah. Kehidupan akan dijalani lebih enak bila masalah masalah itu dapat diselesaikan
Dan aksiologi terdiri dari berbagai macam sub seperti teori – teori tentang nilai , teori etika, justifikasi , teori-teori analitik atau mataetik dan etika relativisme.
                                            
     Epistemologi
  pengetahuan manusia dan epistemologi islam
             http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1661/1/arab-nasrah6.pdf

Epistemologi agama merupakan suatu bentuk makrifat derajat kedua, dimana seorang epistemolog dengan pandangan kesejarahannya melihat kepada makrifat-makrifat agama dan memberikan penjelasan tentang dasar-dasar representasi, pembenaran dan aksiden-aksidennya. Untuk lebih jelasnya masalah ini, perlu kami isyaratkan terlebih dahulu suatu bentuk pembagian universal dalam wilayah pembahasan epistemologi.
Epistemologi dalam telaah universal dibagi atas dua jenis, epistemologi apriori dan epistemologi apesteriori.
1.         Epistemologi apriori: Bagian epistemologi ini membicarakan tentang wujud mental, ilmu dan kognisi. Dengan kata lain, subyek dari epistemologi ini, adalah eksistensi dan esensi dari pada ilmu. Adapun predikat-predikat yang dipredikasikan atas subyek epistemologi ini, seperti kenonmaterian ilmu, kematerian ilmu, kesatuan ‘âlim dan ma’lûm, kualitas mental dan sebagainya. 
       Misalnya dikatakan: wujud ilmu, adalah non materi atau esensi ilmu, adalah kualitas mental atau ilmu dibagi atas hudhuri dan hushuli serta contoh-contoh lainnya. Jenis epistemologi ini, disebut epistemologi sebelum terealisasi dan teraktual ilmu-ilmu atau disebut juga epistemologi filosofis. Perlu juga disebutkan bahwa jenis epistemologi ini mempunyai dua  tema bahasan utama, ontology ilmu dan penyingkapan ilmu. Yakni, terkadang pembahasan berbicara tentang wujud dan mahiyah ilmu dan terkadang pembahasan berhubungan dengan penyingkapan makrifat-makrifat terhadap realitas dan hakikat.
2.         Epistemologi apesteriori: Jenis epistemologi ini merupakan kebalikan dari jenis epistemologi terdahulu, ia ada sesudah merealitas dan mengaktualnya ilmu dan makrifat manusia serta tidak memperhatikan pada wujud atau mahiyah ilmu sebagai realitas dalam akal dan mental manusia; akan tetapi subyek-subyeknya, adalah totalitas makrifat-makrifat dan proposisi-proposisi atau konsepsi-konsepsi dan tasdik-tasdik yang maujud dalam berbagai ilmu. Dengan kata lain, subyek dari golongan epistemologi ini adalah dari tipe dan jenis makrifat. 
Selanjutnya poin ini perlu diketahui juga bahwa epistemologi memiliki tinjauan terhadap seluruh proposisi-proposisi ilmu, baik  proposisi-proposisi itu sesuai dengan realitas ataukah sama sekali tidak ada kesesuaian; dengan kata lain, seluruh tasdik-tasdik dan takdzîb-takdzîb proposisi-proposisi ilmu itu menjadi hal yang diterima oleh para ilmuan dari disiplin ilmu tersebut dan menjadi bahan telaah mereka.
      Untuk penjelasan yang lebih luas berkenaan masalah ini perlu kami isyaratkan juga pembagian lain dari pengetahuan dan makrifat manusia. Pengetahuan dan makrifat manusia dalam suatu bentuk pengelompokan dikelompokkan menjadi dua, pengetahuan dan makrifat derajat pertama dan pengetahuan dan makrifat derajat kedua. 
Pengetahuan dan makrifat derajat pertama adalah makrifat-makrifat yang membahas tentang hakikat-hakikat tertentu; sebagai contoh, dalam fisika dibahas subyek-subyek seperti materi, energi, gerak, kekuatan, cahaya dan sebagainya, dan dalam kimia dibahas dan diteliti tentang unsur-unsur; akan tetapi makrifat-makrifat derajat kedua berbicara tentang pengetahuan dan makrifat derajat pertama; seperti filsafat ilmu fisika (philosophy of physics)  dimana yang dibahas dan ditelaah didalamnya adalah  ilmu fisika itu sendiri atau secara global filsfat ilmu(philosophy of Science) dari ilmu-ilmu eksperimen, dibahas dan dikaji dari dimensi bahwa ia mempunyai satu esensi kesejarahan serta berusaha menjawab terhadap pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah statmen-statmen ilmu dapat menerima pembuktian ataukah menerima pembatilan? Apakah qadiyah-qadiyah ilmu bersifat tetap atau berubah? Dan pertanyaan-pertanyaan lain serupa itu. Dengan memperhatikan uraian-uraian di atas akan menjadi jelas bahwa filsafat setiap ilmu berada dalam kevertikalan ilmu itu sendiri, tidak dalam kesejajarannya atau lebih utama darinya. Oleh karena itu topik-topik ilmu dan filsafat seperti filsafat akhlak, filsafat kalam (teologi), filsafat politik, filsafat mate-matika dan juga epistemologi agama, semuanya dipandang sebagai bagian dari pengetahuan dan makrifat derajat kedua atau epistemologi apesteriori.
 Subyek epistemologi agama, adalah makrifat agama, dan makrifat agama merupakan suatu komprehensi umum yang dimutlakkan atas seluruh proposisi-proposisi yang diambil dari syariat. Maka dari itu sebagai konklusinya, pengetahuan dan  makrifat fiqhi, teologi, tafsir, hadits dan akhlak, semuanya terhitung sebagai makrifat agama. Akan tetapi tidak semua makrifat-makrifat kalam dapat dihitung sebagai makrifat agama; sebab tidak semua pembahasannya diambil dari syariat, sebagaimana dapat disaksikan pembahasan tentang Ilâhiyyât bil-ma’na al-akhash (filsafat ketuhanan) dalam kitab-kitab kalam. Namun di samping itu pengetahuan dan makrifat rasional yang berhubungan dengan agama, harus dipandang sebagai bagian dari makrifat agama.
Penjelasan Mengenai Mafhûm (Komprehensi) Agama
             Untuk memahami lebih dalam pembahasan epistemologi agama, harus terlebih dahulu dijelaskan dan didefenisikan  mafhûm agama, sehingga dapat diketahui secara baik kedudukan dari epistemologi tersebut. Agama (dîn) dalam bahasa Arab bermakna ketaatan, balasan, khudhu’ (tunduk) dan menyerah; tetapi defenisi lughah (kosa kata) agama (dîn) dalam bentuk pembahasan ini tidak memecahkan masalah; oleh karena itu kita terpaksa mendefenisikan agama secara peristilahan. Istilah agama dalam zaman kita ini sangat sulit menerima defenisi; sebab defenisi-defenisi yang diutarakan, terkadang sangatlah luas, yang mana juga memberi jalan masuk hal-hal yang berbeda pada batasannya, sehingga meliputi ideologi-ideologi materialisme seperti marxisme atau ia sedemikian terbatasnya sehingga tidak menghimpun semua individu-individunya. Problem mendasar dalam pembahasan ini, apakah agama-agama yang ada ini mempunyai perkara yang sama sehingga berasaskan perkara yang sama itu dapat diutarakan suatu defenisi baginya ataukah tidak?
            Defenisi-defenisi agama yang beragam telah diutarakan dalam bentuk pembahasan tersendiri; sebab itu dalam pembahasan ini hanya akan diisyaratkan defenisi-defenisi dari sebagian penulis; oleh karena itu di antara defenisi-defenisi agama yang dipandang perlu diungkapkan  adalah:
  1. Dari kitab dan sunnah[1];
  2. Rukun-rukun, prinsip-prinsip dan cabang-cabang agama yang turun atas Nabi Saw[2];
  3. Teks-teks agama, keadaan-keadaan dan prilaku-prilaku pemimpin-pemimpin agama (para Nabi dan pembawa agama)[3];
  4. Kitab, sunnah dan sejarah kehidupan pemimpin-pemimpin agama[4].
Defenisi-defenisi ini, di samping terdapat pertentangan-pertentangan dalam ungkapan, juga memiliki isykal seperti di bawah ini:
Isykal pertama: Penulis dalam ungkapan-ungkapannya, terkadang bermaksud mendefinisikan agama dan terkadang bermaksud menedefenisikan syariat; dan bagi orang-orang yang ahli dalam ilmu kalam, tidak tersamar bagi mereka bahwa kedua istilah ini adalah berbeda; sebab di samping isytarâk lafzhi  (equivocal)  dalam kata syariat, juga syariat dimutlakkan terhadap cabang-cabang agama dan mempunyai makna yang lebih khusus dari agama.
Isykal Kedua: Penulis mencampur adukkan antara agama dan naskah agama; agama adalah sekumpulan hakikat-hakikat dan nilai-nilai, sementara naskah dan teks agama adalah yang menberitakan dan mengisahkan tentang hakikat dan nilai tersebut. Oleh sebab itu nisbah antara teks agama dan agama, adalah nisbah antara yang memberitakan dan diberitakan.
            Sebagai konklusi, defenisi agama yang menjadi pilihan kita adalah sekumpulan hakikat-hakikat dan nilai-nilai yang sampai ke tangan manusia dari jalan wahyu, dalam bentuk kitab dan sunnah yang bertujuan memberi hidayah kepada manusia.
Makrifat Agama
            Berdasarkan defenisi-defenisi yang beragam dari agama, maka pengertian tentang makrifat agama juga menemukan perbedaan-perbedaan. Penulis kitab “Qabz wa basth teorik syariat”, dalam ungkapan yang berbeda-beda menjelaskan dan mendefenisikan istilah makrifat agama; terkadang pengertiannya adalah pemahaman agama atau pemahaman syariat dan terkadang pengertiannya adalah pemahaman manusia tentang syariat serta di dalam banyak kesempatan ia menyebutkannya dengan pengetahuan agama[5], yang pada tulisan ini kami akan isyaratkan sebagian dari ungkapan-ungkapan tersebut:
“Makrifat agama dalam defenisi kami adalah identik dengan tafsir syariat yang dihasilkan dari pemahaman kalam Tuhan dan ucapan-ucapan pemimpin-pemimpin agama” (Nabi-nabi As dan pembawa agama). “Maksud kami dari makrifat agama adalah sekumpulan dari proposisi-proposisi yang dihasilkan dari jalan khusus dengan bantuan media khusus dengan memperhatikan terhadap teks-teks agama dan kondisi-kondisi serta prilaku-prilaku pemimpin-pemimpin agama”. “Makrifat agama, yakni pengetahuan dan makrifat yang dihasilkan dari pemahaman kitab dan sunnah, sejarah kehidupan pemimpin-pemimpin agama, pemahaman terhadap prinsip-prinsip dan dasar-dasar serta rukun-rukun dan cabang-cabang agama; semua ungkapan kami dalam tulisan ini tentang makrifat agama, tidak lain adalah makrifat-makrifat yang digunakan dari kitab dan sunnah itu sendiri….”[6]
            Defenisi-defenisi penulis kitab ini dari makrifat agama, di samping terdapat pertentangan dan perbedaan di antara defenisi-defenisi itu sendiri, pada dasarnya lebih banyak kembali pada makrifat teks-teks agama dari pada makrifat agama. Tapi pembahasan istilah-istilah ini tidak terlalu urgen untuk dipermasalahkan, yang daruri bagi kita adalah pemahaman unitas dari istilah-istilah yang ada sehingga kita aman dari kerancauan musytarak lafzhi (equivocal).
Iman dan Makrifat Agama

            Salah satu yang menjadi dasar dan landasan epistemologi agama adalah kejelasan perbedaan dan pemisah antara iman dan makrifat agama, sehingga dengannya kategori iman dapat dikeluarkan dari fokus pembahasan. Oleh karena itu kita harus juga membawakan sekelumit uraian dan penjelasan tentang iman dalam tulisan ini.
            Setiap maujud yang memiliki jiwa (ruh), baginya  keterikatan-keterikatan; manusia juga disamping memiliki keterikatan terhadap materi, ia mempunyai keterikatan dan ketertarikan kepada pengetahuan, keindahan, politik dan kemasyarakatan. Iman juga adalah suatu bentuk keterikatan final, dimana seluruh maklumat-maklumat lain berada di bawah radius pancarannya atau yang lain tertolak karenanya; sebagai contoh, keterikatan final dan fanatisme nasionalisme ekstrim terhadap bangsa. Oleh karena itu, dari jalan ini seluruh unsur-unsur kehidupan person di dalam prilaku dan amal menyatu dengan iman. Koridor dan batasan iman untuk setiap orang merupakan areal yang disucikan; yakni keterikatan final manusia pada akhirnya akan berubah menjadi suatu keterikatan suci dan saat itulah ia akan melahirkan unsur keberanian, keperkasaan dan kecintaan.[7]
            Hal yang berhubungan dengan iman, senantiasa berupa sesuatu atau individu tertentu; maka dari itu, pribadi mukmin  dinisbahkan terhadapnya (sesuatu atau individu) harus mempunyai pengetahuan dan makrifat; itupun dalam bentuk makrifat yaqînî (disertai keyakinan); sehingga ia dapat dikategorikan sebagai hal yang bergantung dan berhubungan dengan iman; sebab iman terhadap sesuatu yang tidak diketahui secara mutlak adalah tidak mungkin, akan tetapi terkadang kepercayaan dalam diri akan menyebabkan lahirnya iman, tapi inipun pada hakikatnya dampak dari keyakinan.
            Adapun kekhususan-kekhususan dari iman diantaranya; senantiasa bergerak melakukan pencarian, menyempurna, melemah dan menipis. Kondisi-kondisi iman ini bisa saja dipengaruhi oleh faktor-faktor pengetahuan, psikologi, politik,  kemasyarakatan dan lain-lain. Sampai di sini telah jelas bahwa iman merupakan kategori qalbu yang diperoleh dari dua unsur, yaitu ilmu dan kewajiban, dan makrifat agama sebagai subyek dari epistemologi agama, adalah ilmu dan pengetahuan para ulama agama yang dihasilkan lewat metode penelitian  atau ilmu yang diperoleh dari jalan merujuk kepada akal dan sumber-sumber agama.
Hermeneutik  
            Dari sisi bahwa pembahasan epistemologi agama berhubungan dengan masalah-masalah hermeneutik, maka sebaiknya kami juga menyinggung sekelumit pembahasan urgen dan hangat ini di hadapan para pembaca.
  1. Makna Hermeneutik      
Istilah hermeneutik (hermeneutics)  merupakan derivasi dari kata kerja Yunani hermeneuein yang bermakna penafsiran dan dari sudut tinjauan etimologi mempunyai hubungan dengan kata Hermes Tuhan bangsa Yunani kuno yang bertugas membawa pesan langit kepada manusia.
Gambaran dari struktur tiga tahapan penafsiran, adalah pesan (teks) tafsiran penafsir (Hermes) dan mukhâtab (yang disampaikan padanya pesan).
Adapun penggunaan kata hermeneutik dalam bentuk penggunaan sifat, berbentuk hermeneutic dan hermeneutical; seperti teori hermeneutik (hermeneutic theory). Urgen kami ingatkan bahwa pendekatan etimologi hermeneutik tidak dapat menyampaikan orang pada hakikat hermeneutik, maka dari itu harus dengan teliti melakukan penggalian terhadap esensi dan mahiyahnya. Dewasa ini, istilah hermeneutik sudah dimutlakkan pada cabang dan disiplin ilmu rasional yang mempunyai hubungan dengan mahiyah serta asumsi-asumsi sebelum interpretasi.
Hermeneutik dan teori penakwilan, telah diungkapkan sejak dahulu dalam dunia Barat (dunia Kristen) dan dunia Islam. Para ulama agama, menawarkan pendekatan-pendekatan seperti tahdzib dan tazkiyah nafs(Pembersihan dan pensucian jiwa) untuk menyingkap makna dari teks-teks suci dan menafsirkannya; akan tetapi dunia Barat, pada awal abad ke 19, dengan perantara ilmuan-ilmuan seperti Schleier Macher (1768-1834 M), Wilhelm Dilthey (1833-1911 M), dan Hans Georg Gadamer (1900 M) meletakkan landasan baru bagi ilmu ini. Teori tafsir Schleier Macher dengan merubah hermeneutik dari kedudukan khususnya menjadi kaidah-kaidah umum, berkisar pada fokus dua prinsip penafsiran, penafsiran grammaticaldan technical. Dilthey dengan mengajukan metodelogi umum dalam ilmu-ilmu humaniora melakukan pembedaan metodelogis kelompok ilmu-ilmu ini dengan ilmu-ilmu alam, dengan itu ia memasukkan hermeneutik pada babak baru keilmuan. Sedangkan Gadamer, dengan karyanya “Truth and Method” menempatkan dirinya pada tataran pemikir-pemikir beraliran takwil. Gadamer, berseberangan dengan Macher dan Dilthey yang berpandangan bahwa jarak sejarah dan budaya seorang penafsir dari penyusun merupakan sumber dari buruknya pemahaman, menekankan bahwa tidak mungkin ada pemahaman tanpa pra asumsi-pra asumsi dan keyakinan para penafsir sebelum berhadapan dengan teks. Berdasarkan ini, Gadamer tidak memandang penting menyingkap maksud dari pada penyusun dan ia juga tidak meyakini penafsiran hakiki serta penafsiran final.
Sebagian dari ilmuan-ilmuan kontemporer yang beraliran takwil seperti E.D. Hirsch menekankan perbaikan teori dan pandangan Schleier Macher  tentang bentuk dari maksud dan niat penyusun untuk menjauhi  idealisme. Sementara Emilio Betti sejarawan Italia, mengeritik Gadamer dari dimensi menghilangkan kemungkinan memahami tafsir rasional dari tafsir muktabar.[8]
  1. Islam dan Hermeneutik    
Hermeneutik dalam dunia Islam, kendatipun tidak diungkapkan dalam bentuk mendiri dan terpisah, tetapi ilmu ini juga tidak terlalaikan. Bahkan para ulama ‘ulûm al-Qur’an dan Ushul al-Fiqh dalam karya-karya mereka, mengungkapkan pembahasan-pembahasan seperti ilmu tafsir dan perbedaannya dengan takwil, metode-metode penafsiran dan bentuk-bentuk penafsiran nakli, ramzisyuhudi, akal dan ijtihad, tafsir al-Qur’an dengan al-Qur’an, tafsir dengan ra’yu, dan pembahasan-pembahasan alfâzhseperti ilmu tentang wadh’, macam-macam dilâlahtashawwuritasdiki awwalitasdiki tsanawi, menyingkap maksud penyusun dan pembicara, dan lain-lain untuk tujuan Fiqhi dan Tafsir.
Para ulama Islam kebalikan dari Gadamer dan seperti Schleier Macher serta Dilthey meyakini maksud dan niat penyusun sebagai makna final dan hakiki pembicara.
  1. Pengaruh Asumsi Sebelumnya dan Hermeneutik
Fungsi dan tujuan paling penting dari takwil (interpretasi) adalah memberi jawaban pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah kita sebagai penafsir dapat sampai pada makna hakiki suatu ungkapan, dimana kita sendiri mempunyai persepsi dan pandangan khusus, tanpa memasukkan keputusan sebelumnya dan asumsi sebelumnya terhadap pengertian ungkapan itu? Apakah ungkapan-ungkapan di samping mempunyai makna lahir juga mempunyai makna lain (makna batin)? Apakah ada kemungkinan menemukan makna  batin itu? Mengapa bisa terjadi perbedaan penafsiran di antara penafsir-penafsir terhadap satu teks? Apakah perbedaan asumsi-asumsi sebelumnya dan jarak sejarah  antara penyusun dan penafsir tidak menimbulkan ambiguitas dan kerumitan-kerumitan ungkapan? Apakah perbedaan kaidah dan metode penjelasan serta penafsiran setiap orang merupakan penyebab timbulnya aliran-aliran beragam in? Apakah dapat diungkapkan niat dan maksud penyusun, terlebih khusus niat dan maksud Tuhan? Apakah ada jalan untuk membedakan antara pemahaman benar dan pemahaman salah, atau harus mengarah pada pandangan fenomenologi hermeneutik dan Gadamer yang berujung pada relativisme dalam pemahaman? Apakah setiap pemahaman butuh pada interpretasi? Apakah setiap teks mempunyai makna tersembunyi yang harus diungkap dengan penafsiran? Ataukah tanpa penafsiran juga dapat diperoleh makna dari teks-teks? Dan yang lebih penting, apa hakikat dari pemahaman, realisasi, dan kenyataan pemahaman itu?           
      Sejarah memberi kesaksian bahwa penelitian dan analisa hermeneutik serta secara umum metode-metode pemahaman teks, khususnya teks-teks agama, memiliki tingkat keurgenan lebih besar dibanding cabang dan disiplin ilmu lainnya; sebab setiap agama dan masyarakat agama, dengan sekumpulan dan setumpuk penafsiran yang berbeda-beda telah memunculkan banyak pertikaian dan permusuhan di antara agama-agama, mazhab-mazhab teologi, dan mazhab-mazhab fiqhi,  dan ini terus berlanjut dalam perjalan sejarah hingga sekarang ini. Tulisan ini pernah dimuat diwww.wisdoms4all.com.
     

[1] . Abdul Karim Surûsy, Qabz wa Basth Teorik Syariat, Hal. 25,79,80 dan 225.
[2] . Ibid.
[3] . Ibid.
[4] . Ibid.
[5] . Abdul Karim Surûsy, Qabz wa Basth Teorik Syariat, Hal. 25, 79, 80, 97, 122, 206, 243 dan 255. 
[6] . Ibid.
[7] . Paul Tilich, Puyâyî Iman, Penerjemah: Husain Nuruzi, Hal.15.
[8] Hermeneutics, The Encyclopedia of Religion. Mircea Eliade 1987.


فالقلب هو العالم بالله وهو المتقرب إلى الله وهو العامل لله وهو الساعي إلى الله وهو المكاشف بما عند الله ولديه Hati/ Minda/ Perasaan adalah sifat Allah: berilmu/ mengetahui, Yang Menghampiri diri kehadrat Allah, Yang Berbuat bagi Allah, Yang musafir kepada Allah, Yang membuka apa yang ada disisi Allah.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan